medikaholistik
Data :
Judul Penulis Isi
Tanaman :
Nama Kegunaan Nama Lokal
Konsultasi Kesehatan GratisInformasi Klinik AlternatifArtikel Kesehatan
medikaholistik

Share facebook

last update : 29 March 2003
PENYEMBUHAN PSORIASIS SECARA ALAMI
Dr. Iwan T. Budiarso , DVM, MSc, Phd, APU

Psoriasis adalah nama penyakit kulit berasal dari bahasa Yunani yakni Psora  yang artinya gatal. Namun tidak selalu kalau kegatalan itu harus bersamaan dengan psoriasis. Sebaliknya eksema biasanya selalu disertai gatal.

Apa itu psoriasis?  Secara singkat, siklus pergantian lapisan kulit normal itu, biasa terjadi setiap 28 hari atau sebulan sekali. Namun pada psoriasis, proses pergantian kulit dipercepat antara 3-4 hari sekali.

Tipe Psoriasis Yang Sering Ditemukan
  • Bentuk vulgaris (Bentuk plak)

  • Bentuk bentik bintik (Guttate)

  • Bentuk Pada Bagian Lipetan (Flexura)

  • Bentuk Menyebar luas atau Eritroderma (Seluruh kulit)

  • Bentuk gelembung bernanah (Pustula))

  • Bentuk Mengelupas (Exfoliative)

  • Psoriasis Sendi (psoriasis yang diserta redang sendi)

Psoriasis itu penyakit tidak menular, hanya menyebabkan si penderita tidak nyaman, apalagi kalau sedang kumat, hingga pergaluan sosialnya bisa terganggu.

Data Statistik

            Psoriasis bisa terjadi pada semua individu, tidak ada hubungan dengan jenis kelamin, etnik, warna kulit atau bangsa.

            Penyakit ini bisa timbul kapan saja, dari bayi (jarang) sampai orang lanjut usia. Namun puncak umur rata rata adalah antara 15 dan 25 tahun. Kulit gelap lebih jarang kena psoriasis daripada  kulit pucat atau putih. Secara statistik diperkirakan sekitar 2 % pendudk dunia bisa terjangkit psoriasis.

Mekanisme Terjadinya Psoriasis

            Biasanya didahului dengan semacam luka memar atau benturan di salah satu bagian kulit tubuh, setelah kejadian itu, bagian yang kena trauma itu  tidak kunjung sembuh. Bahkan sebaliknya makin memburuk dan mulai menyebar. Kemudian ada lagi luka memar di bagian kulit lain. Luka luka itu bisa tetap kecil dan menghilang atau sebaliknya  melebar dan meluas. Setelah berjalan beberapa lama biasanya  penyakit ini meluas, hingga orang itu mencari pengobatan.

            Pada ibu sedang hamil, nampaknya penyakit ini seperti sembuh dan menghilang. Namun setelah melahirkan psoriaisisnya kembali kambuh lagi.

Apakah Seorang Penderita Psoriasis Itu Sehat?

            Kebanyakan dokter menganggap psoriasis itu adalah hanya masalah pada bagian lapis kulit saja. Padahal itu tidak benar sama sekali. Perubahan pada bagian kulit hanya sebagai tanda awal permulaan dari suatu penyakit, Jadi penderita psoriasis itu sebetulnya bukanlah seorang yang sehat badani. Karena di bagian  dalam tubuh ada yang tidak beres kerja dan fungsinya.

Terapi Yang Tersedia Sekarang

            Cara pengobatan psoriasis sejak dulu sampai sekarang sangat banyak variasinya umpamanya seperti dengan obat luar, obat sistemik atau keduanya sekaligus. Fotokemoterapi seperti  kombinasi antara obat dan disinar ultraviolet. Hasilnya sangat bervariasi, ada yang merasakan secara dramatis, akan tetapi ada pula yang merasakan seperti mendapat malapetaka.  Seperti juga pada pengobatan penyakit lain ada yang sembuh ada pula yang tidak cocok.

            Cara pengobatan ortodoks, biasanya menggunakan pengolesan obat luar, seperti salf, krim, dan lotion, tetapi teknik pelaksanaan bisa berbeda beda dari mulai dengan mandi ter (tar).  Sampai fotokemoterapi. Dengan menggunaka senar lesser. Sekali lagi hasilnya tidak selalu konsisten dari berhasil sampai gagal dan tidak ada gunanya.

            Zalf campuran steroid dan flourin, injeksi steroid,  dan glukokortikosteroid  sering juga digunakan, namun harus diawasi dan dipantau oleh dokter dengan ketat, sebab sering mengakibatkan efek samping yang buruk.

            Haemodialisa cara untuk mencuci darah pada penderita gagal ginjal sudah pernah dicoba, tetapi dalam jangka panjang belum diketahui manfaatnya.

            Aromatik Retinoid  adalah obat seperti vitamin A. Pernah dicoba, hasilnya  pada kondisi psoriasis yang parah kadang sangat mujarap sekali. Namun demikian cara pengobatan harus hati hati, karena jika menggunakan dosis tinggi, bisa menyebabkan radang pada bibir, rambut rontok, kekeringan pada mata ,mulut dan kulit.

            Sinar Ultraviolet tipe A (UVA)  bukan cara yang baik untuk menghilangkan psoriasis. Sebab jika terlalu berlebihan cara pakainya bisa menyebabkan efek samping muskil. Kalau juga mau menggunakan harus dilakukan dibawah pengawasan dokter atau di rumah sakit.

            Sinar ultraviolet  Tipe B (UVB) adalah yang paling banyak dipakai dan sudah digunakan lebih dari 50 tahun yang lalu. Penderita harus bisa bertoleransi terhadap sinar ini, hingga harus dimulai dengan dosis kecil dulu dan lambat laun dinaikan sampai dosis maksimun, dari mulai hanya beberapa detik terus dinaikan secara palahan lahan. Sebetulnya efek ultraviolet B ini sama dengan kalau anda berjemur dibawah sinar matahari saja. Sinar ini tidak menembus sampai di bawah kulit.

            Methatrexate (MTX) adalah obat untuk kanker. Biasanya diminum pada penderita yang sangat muskil. Hati hati karena obat ini racun terhadap hati, maka harus dipantau terus agar fungsi hatinya tidak terganggu atau rusak.

            Etretinate (Tergison) adalah obat yang relatif baru (1986). Ia adalah derivat dari Vitamin A. Bisa diminum sendriri atau dikombinasi dengan sinar ultraviolet. Hal ini dilakukan pada penderita yang sudah bandel dengan obat obat lainnya yang terdahulu.

            Activated Vitamin D Cream  adalah penemuan terakhir (1999) dan menurut DR. Micheal Holick, Direktur Klinik Pusat Reset di fakultas kedokteran, Boston University,banyak penderita psoriasis mengalami penyembuhan yang luar bisa. Mudah-mudah obat ini akan disetujui oleh DIRJEN POM Amerika dalam waktu dekat.

            Pengobatan dengan cara merendam dalam air Laut Mati di Israeli. Air laut ini jenuh dengan garam dan tidak satu makluk yang bisa hidup dalam air ini. Juga bisa menyebuhkan Psoriasis, sakit radang sendi dan rheumatiks, hanya saja harus tinggal lama di Isreal dan makan biaya besar.

Ada Cara Lain Untuk Psoriasis ?

            Ya, Dr. John O.A. Pagano mendapat gagasan dan cara baru mengobati psoriasis. Ia memandang psoriasis bukan sebagai masalah penyakit kulit saja, tetapi menurutnya hal ini disebabkan karena ada sesuatu fungsi organ tubuh dalam yang tidak beres. Jadi pengobatannya  bukan pada permukaan kulit, melainkan harus dimulai dari dalam yaitu dengan cara alternatif lain. DR. Pagano menemukan bahwa penyebab psoriasis adalah akibat penyerapan racun dan toksin melalui dinding usus yang “menipis dan bocor”.  Jikalau kelainan pada dinding usus ini bisa diperbaiki dan tidak bocor lagi, maka tidak ada lagi racun dan toksin terserap kedalam tubuh dan merusak lapisan kulit.

kembali >>



medikaholistik
saya pregita, 19thn. belakangan ini saya sering sakit kepala. Kepala sangat bera...(pregita)
medikaholistik
saya mengalami gangguan haid yg tdk teratur. kalo saya minum obat hormon haid, j...(rahmawati)
medikaholistik
salam sejahtera,saya han,udah 3bulan ini leher saya terasa kaku,gak bisa lirik k...(han)
medikaholistik
saya usia 50 th, belum menikah, LED 22, LDL 41, CKOLESTEROL 216. HIMOGLOBIN 14,5...(nurswastuti)
medikaholistik
saya sudah sering mencoba berbagai product untuk menurunkan berat badan seperti ...(sri kurnia)
medikaholistik
Konsultasi lainnya
Total Konsultasi : 6433  record
medikaholistik
Informasi :
Informasi Medika
info@medikaholistik.com
medikaholistik
Dukungan Teknis :
Web Development
webmaster@medikaholistik.com
 
medikaholistik
Komputer Akt!f
Golden Web Awards
Master Web Indonesia
Komputer Akt!f
Komputer Akt!f

 

Copyright © 2001 - 2014 . www.medikaholistik.com . Powered by Rhino Technology
Tidak diperkenankan mereproduksi seluruh maupun sebagian isi tulisan ini
dalam bentuk media apapun tanpa izin tertulis dari www.medikaholistik.com