Mengenal Lebih Jauh Penyakit Alzheimer

  Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S     Dec, 29 2018      15 views

Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak progresif dan ireversibel yang ditandai dengan penurunan kemampuan kognitif, perilaku dan fisik yang cukup berat untuk mengganggu kehidupan sehari-hari dan memerlukan perawatan jangka panjang.

Namun secara sederhana saya sering sampaikan Penyakit Alzheimer merupakan penyakit pada otak, yang membuat otak lebih cepat tua dari seharusnya. Bukan hanya struktur otak yang menua, mengeriput dan mengecil, namun juga fungsinya menurun. Fungsi otak berpikir menjadi berkurang.

Gejala penyakit Alzheimer bervariasi dari orang ke orang, tetapi semua orang dengan penyakit Alzheimer memiliki masalah dengan kehilangan memori, disorientasi dan kemampuan berpikir. Pasien dengan penyakit Alzheimer mungkin kesulitan menemukan kata-kata yang tepat untuk digunakan, mengenali objek (seperti pensil), mengenali keluarga dan teman, dan mungkin menjadi frustrasi, mudah tersinggung, dan gelisah.

Ketika penyakit berkembang, masalah fisik mungkin termasuk kehilangan kekuatan dan keseimbangan, dan mengurangi kontrol kandung kemih dan usus. Karena semakin banyak otak yang terpengaruh, area yang mengontrol fungsi kehidupan dasar, seperti menelan dan bernapas, menjadi rusak permanen, sehingga akhirnya mati.

Prevalensi Penyakit Alzheimer seringkali meningkat setelah usia 65 tahun, dengan perjalanan penyakit antara 8 sd 12 tahun. Semakin tinggi usia, semakin berisiko. Terutama pada lansia dengan depresi dan kesendirian.

Sampai saat belum ada obat yang efektif untuk “menyembuhkan”. Obat yang ada hanya bersifat memperlambat progresivitas penyakit. Pencegahan menjadi titik utama penanggulangan. Ubah gaya hidup, menjadi gaya hidup sehat dengan olahraga menjadi rutinitas dan gizi seimbang.

Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S
RS Atma Jaya, Jakarta

Share :