Tusuk jari , terapi untuk Stroke awal, benarkah ?

  Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S     Jan, 26 2020      75 views

Saat ini, sering beredar di WA group maupun medsos lainnya, anjuran untuk menusuk jari tangan, bila ada gejala stroke. Dikatakan dalam WA tersebut, dengan melakukan tusuk jari, maka aliran darah menjadi lancar kembali. Apakah benar demikian ? . Jawabannya adalah saat ini belum ada bukti ilmiah mengenai tindakan menusuk jari sebagai terapi stroke. Justru yang dikuatirkan dengan tindakan tersebut adalah memperburuk kondisi stroke bahkan dapat meningkatkan risiko kematian.

Dengan melakukan tusuk jari dengan jarum tajam, akan meningkatkan tekanan darah sesaat akibat rasa nyeri yang timbul. Peningkatan tekanan darah sesaat ( hipertensi reaktif) telah diketahui dapat merusak sel saraf di otak. hipertensi reaktif ini telah diketahui dapat memperburuk kondisi stroke , meningkatkan kematian dan disabilitas/ kecacatan akibat stroke. Selain itu pula, bukan tidak mungkin jarum yang digunakan untuk menusuk, tidak steril, atau tempat tusukan menjadi sumber infeksi ke depannya. Seperti kita ketahui bahwa pada kondisi stroke, pasien rentan terkena infeksi juga, akibat kondisi kekebalan tubuh yang menurun saat itu.

Jadi pertolongan pertama, pada kejadian stroke , tetaplah usahakan membawa pasiennya ke rumah sakit terdekat, untuk diberikan pertolongan medis segera.

Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S,
RS Pantai Indah Kapuk

www.medikaholistik.com

Share :