Kompilasi Pertanyaan & Jawaban Tentang Amyotrophic Lateral Sclerosis

  Sheila Agustini, Loh Ee Chin     May, 18 2020      501 views


Dua abad yang lalu, penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) pertama kali dilaporkan Jean-Martin Charcot di Perancis. Sekitar 120 tahun kemudian (tahun 1995), obat pertama, Riluzole, yang bertujuan memperlambat penyakit berhasil ditemukan dan butuh waktu tambahan 20 tahun lagi (tahun 2017) untuk penemuan Edaravone sebagai obat kedua untuk menahan progresivitas ALS. Perjalanan upaya menemukan terapi definitif untuk ALS masih panjang namun selalu ada harapan. Pemahaman mumpuni akan bagaimana merawat pasien dengan ALS (PALS / pasien ALS) menjadi teramat penting dan esensial untuk membantu mereka yang terdiagnosis dengan penyakit ini. Karya tulis ini hadir dengan harapan menjadi salah satu sumber informasi bagi PALS dan keluarganya di tengah minimnya pengetahuan tentang perawatan harian pada PALS. Tentunya buku ini juga terbuka untuk dibaca para tenaga medis maupun masyarakat luas yang ingin menambah wawasan tentang penyakit yang diderita almarhum pemain baseball kenamaan Amerika, Lou Gehrig dan juga tokoh fisikawan ternama, almarhum Stephen Hawking.

  •  

MENCEGAH PENULARAN, ISOLASI SENDIRI, DAN SEGALA SESUATU SEPUTAR PANDEMIK CORONA / COVID 19 YANG PERLU ANDA KETAHUI

       Apr, 12 2020      357 views


Di tengah pandemik Corona, banyak pertanyaan mengenai bagaimana kita melakukan  stay at home dan isolasi sendiri. Medikaholistik mencoba merangkum dalam tulisan singkat ini.

  •  

MENINGITIS YANG PERLU ANDA KETAHUI

       Apr, 12 2020      352 views


Saat artis Glenn Fredly meninggal dan diduga karena meningitis, banyak pertanyaan seputar penyakit ini. Pada tulisan ini akan membahas secara singkat, penjelasan mengenai penyakit meningitis, gejala dan cara penularannya.

  •  

Tusuk jari , terapi untuk Stroke awal, benarkah ?

  Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S     Jan, 26 2020      357 views


Saat ini, sering beredar di WA group maupun medsos lainnya, anjuran untuk menusuk jari tangan, bila ada gejala stroke. Dikatakan dalam WA tersebut, dengan melakukan tusuk jari, maka aliran darah menjadi lancar kembali. Apakah benar demikian ?

  •  

Pemeriksaan Tekanan Darah di rumah : mencegah kematian akibat stroke dan serangan jantung

  Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S     Jan, 26 2020      356 views


Pengukuran tekanan darah di rumah ( PTDR) , sangatlah penting sebanding dalam memberikan data informasi lengkap tekanan darah. Pada beberapa penelitian bahkan diketahui bahwa Tekanan darah di rumah saat pagi hari yang tinggi, menjadi prediktor kematian akibat stroke maupun serangan jantung.

  •