Kelemahan Otot Yang Progresif ? Waspadai Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS)

  dr.Sheila Agustini,SpS     Jan, 21 2017      370 views


Penyakit ALS adalah penyakit yang mengenai sistem saraf (motoneuron) di otak dan sumsum tulang (medulla spinalis), bersifat progresif dimana gangguan saraf yang terjadi akan menganggu suplai nutrisi ke otot dan terjadilah kelumpuhan. Kelumpuhan bisa mengenai otot-otot tubuh seperti otot pergerakan, otot untuk menelan, makan dan minum, otot untuk kemampuan berbicara hingga kegagalan otot-otot pernafasan yang dapat berakibat fatal. Pada stadium awal, penyakit ALS seringkali keluhan yang dirasakan pasien adalah kram otot,kedutan, kekakuan, ukuran otot mengecil. Bila mengenai otot mulut dapat terjadi pelo, gangguan menelan dll. Dengan seiring perjalanan penyakit, kelumpuhan akan progresif berkembang mengenai otot-otot lain hingga pada stadium akhir dimana otot-otot nafas terkena dan pasien akan kesulitan untuk bernafas tanpa bantuan.

  •  

NYERI DI TENGKUK DAN PUNDAK : AWAS SARAF TERJEPIT ?

  dr. Sheila Agustini, SpS dan dr. Yuda Turana, SpS     Feb, 06 2015      2,464 views


Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri di belakang kepala , pundak , punggung, dan kadang nyerinya bisa menjalar ke lengan ? hati-hati kemungkinan saraf leher anda terjepit. Nyeri di daerah tersebut, sering dipersepsikan keliru karena kholesterol yang tinggi (kholesterol yang tinggi tidak menyebabkan nyeri pundak )

  •  

CEK FUNGSI OTAK ANDA

  Dr. Sheila Agustini, SpS dan Dr. Yuda Turana, SpS     Oct, 21 2013      68,336 views


Sudah terbiasa bila kita melakukan cek up kesehatan untuk melihat fungsi ginjal, fungsi jantung, fungsi hati. Namun kita tidak pernah menanyakan bagaimana fungsi otak kita? ( meskipun kita sepakat bahwa fungsi otak adalah sangat penting ). Sama seperti organ lainnya fungsi otak harus dinilai, misalnya saja apakah otak kita fungsinya mulai menurun ? apakah fungsi mengingat masih dalam batas normal ?

  •  

Terapi Autourin

  Dr. Iwan T. Budiarso , DVM, MSc, Phd, APU     Oct, 21 2013      44,654 views


Terapi auto urin sudah dilakukan di India sejak 5.000 th yang lalu. Masyarakat di Eropa juga sudah mengenalnya sejak 4.000 th yang lalu. Namun di Cina baru diketahui sejak 1700 th yang lalu...

  •  

Pre Menstrual Syndrome/Sindroma Pra Haid

  dr. Sheila Agustini     Jul, 10 2013      199,037 views


Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik & mental, dialami 7-10 hari menjelang menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi. Keluhan yang dialami bisa bervariasi dari bulan ke bulan, bisa menjadi lebih ringan ataupun lebih berat dan berupa gangguan mental (mudah tersinggung, sensitif) maupun gangguan fisik. Diperkirakan kurang lebih 85% wanita usia produktif antara usia 25-35 tahun mengalami satu atau lebih gejala dari PMS. Hanya 2-10% menunjukkan gejala PMS berat (Premenstrual Dysphoric Disoder/PMDD).

  •