SEKILAS HOMEOPATI

  dr. Yuda Turana     Mar, 29 2003      201,086 views

Homeopati sudah ada sekitar 200 tahun yang lalu . Ditemukan oleh seorang dokter bernama Samuel Hahnemann. Dia menemukan beberapa prinsip penting dalam penyembuhan penyakit. Penyembuhan menurut pendapatnya merupakan proses yang rasional yang dapat dipelajari oleh semua orang.

Prinsip utama lain dari homeopati adalah ?like cures like? yaitu jika ada suatu bahan menyebabkan suatu reaksi/ gejala khusus pada orang sehat maka bahan tesebut dapat menyembuhkan orang sakit dengan gejala tersebut. Sebagai contoh : bawang putih pada orang sehat dapat menyebabkan mata pedih dan hidung tersumbat/meler ( yang mirip dengan orang yang terkena flu/ hay fever) maka bawang putih tersebut dapat digunakan untuk pasien yang menderita gejala hidung meler/ mata pedih. Contoh lain adalah ekstrak beladona pada orang sehat dapat memberikan gejala : tenggorokan/ muka panas, kering , demam, maka ektrak beladona dapat mengobati orang yang menderita scarlet fever. Begitu juga dengan digoksin yang memberikan efek samping ke jantung, maupun kina yang mempunyai efek menggigil pada orang sehat maka masing-masing dapat mengobati jantung maupun gejala penyakit yang menggigil ( malaria ! ).

Prinsip yang lain dari homeopati ini adalah potensiasi dimana bahan tersebut potensinya akan bertambah bila diencerkan dan dikocok beberapa kali.

Prinsip homeopati ini dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya : untuk keluhan hidung meler anda dapat memanfaatkan bawang putih didapur anda : siung bawang putih ditumbuk dimasukkan dalam air putih 200 cc kemudian dikocok 50 kali dan dapat diberikan 3 kali sehari . Selamat mencoba !

Bacaan lebih lanjut mengenai Homeopati :

1. Family guide to homoeopathy
2. Emotional Healing with Homoeopathy
3. Womens guide to Homoeopathy

Share :