Mengenal Lebih Jauh Penyakit Alzheimer

  Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S     Dec, 29 2018      114 views


Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak progresif dan ireversibel yang ditandai dengan penurunan kemampuan kognitif, perilaku dan fisik yang cukup berat untuk mengganggu kehidupan sehari-hari dan memerlukan perawatan jangka panjang.

  •  

Yuk KITA CEK TEKANAN DARAH DI RUMAH

  Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S.     Nov, 15 2018      212 views


Pengukuran tekanan darah di rumah (PTDR) adalah tambahan yang akurat untuk mendiagnosis hipertensi ketika dilakukan menggunakan alat yang divalidasi dan pengukuran dilakukan dengan benar. Dibandingkan dengan pengukuran darah di klinik, PTDR mempunyai prediktor kejadian penyakit kardiovaskular yang lebih baik.

  •  

Coconut Oil Benarkah Bermanfaat?

   Yuda Turana     Nov, 01 2018      231 views


Sedikit penjelasan mengenai mengenai coconut oil dan demensia: ide awalnya menarik, berasal dari keberhasilan terapi diet ketogenik anak dengan epilepsi.pada diet ini karbohidrat sangat dibatasi digantikan dengan intake tinggi lemak, memaksa sel otak menggunakan alternatif energi selain dari karbohidrat.

  •  

Stroke; Benarkah Harus Ditusuk Jari?

  dr.Sheila Agustini,SpS     Oct, 24 2018      262 views


Stroke; benarkah harus ditusuk jari? Di Hari Dokter Nasional 2018 ini saya menulis tentang one of the greatest health HOAX ever di bidang Saraf

  •  

Kelemahan Otot Yang Progresif ? Waspadai Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS)

  dr.Sheila Agustini,SpS     Jan, 21 2017      1,060 views


Penyakit ALS adalah penyakit yang mengenai sistem saraf (motoneuron) di otak dan sumsum tulang (medulla spinalis), bersifat progresif dimana gangguan saraf yang terjadi akan menganggu suplai nutrisi ke otot dan terjadilah kelumpuhan. Kelumpuhan bisa mengenai otot-otot tubuh seperti otot pergerakan, otot untuk menelan, makan dan minum, otot untuk kemampuan berbicara hingga kegagalan otot-otot pernafasan yang dapat berakibat fatal. Pada stadium awal, penyakit ALS seringkali keluhan yang dirasakan pasien adalah kram otot,kedutan, kekakuan, ukuran otot mengecil. Bila mengenai otot mulut dapat terjadi pelo, gangguan menelan dll. Dengan seiring perjalanan penyakit, kelumpuhan akan progresif berkembang mengenai otot-otot lain hingga pada stadium akhir dimana otot-otot nafas terkena dan pasien akan kesulitan untuk bernafas tanpa bantuan.

  •