Pemeriksaan Tekanan Darah di rumah : mencegah kematian akibat stroke dan serangan jantung

  Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S     Jan, 26 2020      150 views

Pengukuran tekanan darah di rumah ( PTDR) , sangatlah penting sebanding dalam memberikan data informasi lengkap tekanan darah. Pada beberapa penelitian bahkan diketahui bahwa Tekanan darah di rumah saat pagi hari yang tinggi, menjadi prediktor kematian akibat stroke maupun serangan jantung. Beberapa hal penting yang harus di ketahui mengenai PTDR :

Pemeriksaan awal hipertensi dan pemantauan efek pengobatan antihipertensi (termasuk perubahan dosis atau jenis obat) PTDR dianjurkan untuk dilakukan setiap hari sekurang-kurangnya 3 hari sebelum jadwal kontrol di klinik dokter, lebih baik dilakukan setiap hari selama 7 hari sebelum jadwal kontrol di klinik dokter.

PTDR pada hari pertama biasanya menghasilkan tekanan darah yang lebih tinggi dan tidak stabil, sebaiknya dieksklusikan.

Pengukuran sebaiknya dilakukan pada ruangan yang tenang dan pasien dikondisikan senyaman mungkin. Telapak kaki menapak pada lantai, punggung disandarkan dan lengan diistirahatkan pada meja.

Pada saat pengukuran sebaiknya pasien tidak berbicara agar tidak mempengaruhi hasil.

Sebaiknya 30 menit sebelum pengukuran pasien tidak merokok, makan, mengkonsumsi minuman berkafein atau berolahraga.

Pengukuran sebaiknya terduplikasi dan dilakukan pada pagi hari dan di malam hari. Jarak waktu antara pengukuran pertama dan kedua adalah 1-2 menit.

Pengukuran pada pagi hari dianjurkan untuk dilakukan 1 jam setelah bangun tidur, setelah berkemih, sebelum makan pagi, dan sebelum mengkonsumsi obat antihipertensi

Pengukuran pada malam hari dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur.

Manset sebaiknya dililitkan dilengan atas dengan posisi bagian manset terbawah 2-3cm diatas lipatan fossa cubiti dan marker berada pada permukaan tengah anterior lengan (sesuai posisi anatomis). Manset diposisikan sejajar dengan posisi jantung.

Hasil tekanan darah sebaiknya dicatat pada buku catatan tekanan darah segera setelah pengukuran, sebagai alternatif hasil pengukuran dapat didokumentasikan secara digital.

Bila Anda melakukan PTDR, dan terdapat tekanan darah yang tinggi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut. Anda tidak dianjurkan untuk mentitrasi atau memodifikasi pengobatan sendiri berdasarkan hasil PTDR.

Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S
www.medikaholistik.com

Share :