MENINGITIS YANG PERLU ANDA KETAHUI

       Apr, 12 2020      264 views

Saat artis Glenn Fredly meninggal dan diduga karena meningitis, banyak pertanyaan seputar penyakit ini. Pada tulisan ini akan membahas secara singkat, penjelasan mengenai penyakit meningitis, gejala dan cara penularannya.

Meningitis merupakan radang selaput otak. Otak dan berbagai strukturnya, termasuk selaputnya, sebenarnya sangat sulit terinfeksi, kecuali dalam kondisi kekebalan tubuh yang rendah. Otak kita mempunyai struktur pelindung berlapis yang tidak memungkinkan kuman untuk bersarang di sana. Namun bila kondisi tubuh menurun, kuman pun bisa bersarang di otak kita.

Meningitis ini penyebabnya bisa karena virus, bakteri, jamur, autoimun. Pola gejala seseorang terkena meningitis biasanya ada demam, sakit kepala, kekakuan daerah tengkuk belakang, kesadaran menurun, bahkan bisa juga pasien mengalami kejang dan gangguan perilaku. Lama gejalanya sangat beragam. misalnya saja, pada yang infeksi virus bisa beberapa hari , namun bila meningitis TB , gejala seperti sakit kepala dan demam yang naik turun, bisa bulanan.

Apakah meningitis menular ? Tergantung penyebabnya. Penyebab meningitis bisa karena misalnya kuman TBC yang menyebar lewat paru dan pembuluh darah. jadi yang menular bukan meningitisnya , namun kuman TBC yang ada di paru nya, saat dibatukkan oleh pasien bisa menularkan. beberapa jenis virus penyebab flu dapat juga menularkan lewat batuk/ droplet. namun misalnya bila meningitis karena bakteri/ jamur akibat infeksi dari telinga, tidak dapat menular ke orang lain

Semua usia bisa terkena meningitis, namun utamanya usia balita dan lansia, dan usia muda yang mengalami kekebalan tubuh. Misalnya : pasien malnutrisi, kemoterapi, atau penyakit imunodefisiensi. Kesembuhan tergantung pada kondisi tubuh saat terkena, dan tingkat keganasan virus/ bakteri nya.Sebagai contoh untuk meningitis TB, penting untuk pengobatan teratur jangka panjang. dan tentunya nutrisi yang baik.

Sebaiknya kita menghindari pola hidup kurang sehat seperti : kurang makan, kurang tidur, perilaku risiko tinggi seperti narkoba/ seks bebas. dan tentunya menghindari negara tertentu dengan risiko penularan meningitis (atau sebelum berangkat lakukan imunisasi)

(www.medikaholistik.com 12042020)

Share :