Stroke; Benarkah Harus Ditusuk Jari?

  dr.Sheila Agustini,SpS     Oct, 24 2018      102 views

Stroke; benarkah harus ditusuk jari?
Di Hari Dokter Nasional 2018 ini saya menulis tentang one of the greatest health HOAX ever di bidang Saraf :

Yang Benar :
Bila keluarga ada yg dicurigai menderita stroke (wajah asimetris mulut miring/mencong, lengan/tungkai lemah lumpuh sebelah, bicara pelo) pertolongan pertama adalah SEGERA BAWA ke IGD karena stroke adalah serangan otak. Setiap menit akan banyak sel saraf yg bisa kekurangan oksigen sehingga segeralah bawa pasien ke RS.

Yang Hoax :
Penanganan pertama stroke BUKAN dengan menusukkan jarum ke jari2 tangan/tungkai/telinga atau bahkan jarum ke jari2 tangan keluarganya (eh?). Jarum blm tentu steril, andaikata steril pun akan menyebabkan nyeri yg meningkatkan tekanan darah dan ujung2 memperburuk strokenya.

“Dok tapi abis ditusuk langsung perlahan hilang lho gejala strokenya”
Jawab saya : “bu, itu karena stroke ada beberapa jenis seperti serangan stroke sepintas/TIA disini sumbatan terjadi hanya sebentar sekali dlm hitungan menit misalnya lalu normal lagi...otomatis gejala stroke juga normal kembali....kesannya habis tusuk jarum eh sembuh...tapi coba kalau stroke yg jenisnya in evolution...dimana gejala masih bisa memburuk...ditusuk jarum segambreng juga pasti tdk ada efeknya malah semakin jadi gejalanya...”

dr.Sheila Agustini,SpS
RS Mayapada lebak bulus

Share :